JOB CAREER VACANCY (LOWONGAN KERJA & KARIR)


May 19, 2007

Calo CPNS SUBANG

Pemkab Akan Tindak Calo CPNS
SUBANG, (PR).-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang akan menindak tegas oknum PNS yang menjadi calo penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Subang. Untuk itu, pemkab mengimbau kepada para peserta tes CPNS agar tidak meladeni bujuk rayu oknum PNS atau para calo yang bergentayangan mencari korban. Karena, kewenangan penentuan diterima atau tidaknya peserta tes menjadi CPNS semuanya kini berada di tangan pemerintah pusat.

"Bila ada oknum PNS yang kasak-kusuk menawarkan bakal lulus tes dengan imbalan sejumlah uang tertentu jangan diladeni tapi harap melaporkannya kepada Bupati ataupun Wakil Bupati Subang," kata Wabup Subang Maman Yudia ketika memberikan pengarahan kepada 4.215 peserta tes jadi CPNSD Subang, Selasa (9/11) di Wisma Haji Kabupaten Subang.

Menurutnya, para peserta tes agar bisa menjaga ketertiban selama pelaksanaan ujian. Sebab, bila saat pelaksanaan atau pengumuman tes berlangsung tertib, kepercayaan pemerintah untuk memberikan kuota yang lebih banyak lagi bagi Kabupaten Subang di kemudian hari dapat terwujud. "Ketertiban selama pelaksanaan tes harus dapat dijaga oleh semua peserta ujian dan jangan terbujuk rayu calo-calo yang bergentayangan yang bertujuan hanya untuk memperdayai peserta tes," ujarnya.

Sebaliknya, Wabup Subang meminta para PNS yang menjadi panitia penerimaan CPNS Subang agar secara optimal memberikan pelayanan kepada para peserta tes dengan memberitahukan kepada setiap peserta sedetail mungkin.

Informasi yang dihimpun "PR", setelah pemkab mengumumkan penerimaan CPNSD pada tanggal 19 Oktober 2004, sekira 4.000 calon mendaftarkan ke panitia penerimaan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Subang. Padahal, kuota Kab. Subang ini hanya berjumlah 200 masing-masing untuk tenaga guru 125 orang, kesehatan 50 orang, dan untuk tenaga strategis berjumlah 25 orang.

Berdasarkan kabar yang beredar, calo-calo yang bergentayangan mencari korban para peserta tes menawarkan harga antara Rp 20 hingga Rp 30 juta untuk jadi PNS.

Dalam bagian lain, Wabup Maman Yudia mengatakan dirinya merasa bangga dengan antusiasnya para pendaftar CNPS di Kabupaten Subang yang mencapai sekira 4.000 orang. Hal itu membuktikan bahwa minat untuk menjadi PNS di Kab. Subang tetap tinggi.

Berkenaan dengan CPNS untuk formasi guru, Maman mengharapkan calon peserta yang diterima menjadi guru agar siap ditempatkan di mana saja di daerah Subang sebagai wujud kepedulian untuk mencerdaskan masyarakat Subang. "CPNSD yang diterima menjadi guru agar mau ditempatkan di mana saja demi memajukan masyarakat Subang," katanya. (A-86)***