JOB CAREER VACANCY (LOWONGAN KERJA & KARIR)


May 15, 2007

Seleksi CPNS Lima Guru Dipecat

Dianggap tidak Loyal
Ikuti Seleksi CPNS Lima Guru Dipecat
PURBALINGGA,(PR).-
Lima orang guru Madrasah Ib-tidaiyah Sitiqomah (MIS) Sambas Purbalingga dipecat setelah diketahui ikut dalam seleksi ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diadakan pemda setempat pada bulan Oktober 2002. Keikutsertaan dalam tes CPNS dinilai oleh pihak yayasan sebagai bentuk ketidakloyalan pada sekolah.

Korban pemecatan itu, antara lain Agus Sutono dan Syarif Hidayat yang dikeluarkan tanggal 18 Januari 2003. Tiga orang lainnya, Eka Widiasih, Teguh Suranto, dan Kodrian Lestari, dipecat pada 1 Maret lalu.

Surat pemecatan itu ditandatangani oleh Wakil Kepala Sekolah MIS Sambas, Purbalingga, Ichwandi Arifin. Menurut Ichwandi, pemecatan sudah sesuai dengan peraturan madrasah dan pihaknya harus bertindak tegas kepada guru yang melangar.

"Seharusnya guru yang dipekerjakan di MIS sudah mengetahui aturan tersebut. Saat mereka melamar, pihak madrasah sudah menyosialkan aturan yang ada," kata Ichwani.

Menurutnya, untuk menjadi guru tetap di MIS, harus melalui pentahapan yang ditetapkan sekolah, yakni administrasi, loyalitas, dan percobaan pembinaan.

Jika mereka memenuhi pentahapan tersebut, pihak yayasan baru bisa mengangkat mereka sebagai guru tetap. "Persyaratan lainnya guru tidak diperkenankan untuk melamar di lembaga lain. Dari 13 guru yang ada, lima di antaranya diketahui ikut dalam seleksi CPNS yang diselenggarakan pemda setempat," papar Ichwani.

Agus Sutono dan Arif Hidayat menjadi korban pertama dari peraturan sekolah tersebut. Kemudian, menyusul tiga rekannya, Eka Widiasih, Teguh Suranto, dan Kodrian Lestari. Merasa diperlakukan tidak adil, mereka berlima kemudian melaporkan tindakan Wakil Kepala Sekolah MIS kepada pimpinan yayasan, Eling Purwoko, pada 28 Oktober 2003.

Para korban pemecatan mengaku tidak mengetahui adanya aturan tersebut. "Kita tidak mengetahui adanya aturan tersebut," kata Agus.

Dikatakan, gaji yang diterima pada awal enam bulan pertama adalah sebesar Rp 175.000,00, masa kerja 6 sampai 1 tahun naik menjadi Rp 300.000,00 per bulan. Sementara itu, rata-rata masa kerja guru yang saat ini bekerja di MIS, antara 1 sampai 2 tahun.

Dalam rapat dewan guru dan yayasan, Eling Purwoko mengatakan, pihak yayasan tidak membatasi ruang gerak guru dengan melarang mereka untuk ikut ujian seleksi CPNS.

"Kita akan terima mereka kembali kendati tidak lolos dalam seleksi CPNS. Selain itu, yayasan yang baru didirikan tiga tahun yang lalu memang belum bisa memberi penghasilan yang diharapkan guru," kata Eling.

Dalam kesempatan itu, Eling menyatakan, guru tetap diberi kesempatan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Misalnya, dengan memberi kesempatan kepada para guru untuk ikut seleksi CPNS.

Namun, pada kesempatan lain saat dikonfirmasi wartawan, Eling menyatakan, pemecatan sudah prosedural. Aturan MIS harus ditegakkan, pihaknya hanya menginginkan guru yang loyal, mereka tidak diperkenankan mengajar ke tempat lain.

Menurut Ichwani, kelima guru yang telah dipecat tersebut dinilai tidak memenuhi persyaratan. Mereka gagal saat menjalani pembinaan. Untuk itu, pihaknya memberi tindakan tegas.

Dikatakan, untuk membina para guru, setiap guru yang melamar di MIS Sambas akan dibina di SD Moch. Stapen Yogyakarta. Baru setelah empat bulan proses pembinaan dinilai berhasil maka mereka ditarik sebagai pengajar di MIS. (A-99) ***

LOWONGAN CPNS BPK-RI

LOWONGAN CPNS BPK (Mod. Pelatihan TPA Yogya 6 Jan, JKT 7 Jan, SBY 14 Jan)
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Lembaga Negara yang
bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, membuka
kesempatan kepada lulusan Sarjana Warga Negara Indonesia, pria. dan wanita,
sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III untuk ditempatkan di
Kantor kantor Perwakilan BPK RI yang baru dibuka dan akan segera dibuka,
terutarna di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Bagian Timur.

1. FORMASI Berijazah Sarjana (Sl)

No Jurusan/Program Studi Jumlah (orang) Kode

1. Ekonomi Akuntansi Ber register (Akuntan) 300 Kode: AK
Non Register 84 Kode: NR
2. Hukum, KonsentrasiIlmu Hukum 75 Kode: HU
3. Teknik Sipil 71 Kode: TS
4. Teknik Lingkungan 29 Kode: TL
5. Pertanian 10 Kode: PT
6. Ilmu Ekonomi Studi Pernbangunan 17 Kode: SP
7. Teknik Informatika/ Komputer 22 Kode: TK
8. Administrasi Negara 12 Kode: AN
9. Ilmu Komunikasi 21 Kode: 1K
10. Teknik Pertambangan 15 Kode: TP
11. Teknik Industri 15 Kode: TI

11. PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan
taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau. kurungan berdasarkan
putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan
Surat Keterangan Catatan Kepolisian. (Dilengkapi setelah pelamar dinyatakan
diterima)
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas pern dntaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri
Sipil/Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/ kontrak kerja
dengan instansi lain.
5. Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning Depnakertrans) yang masih
berlaku.(Dilengkapi setelah pelamar dinyatakan diterima)
6. Sehat jasmani dan rohani. Termasuk Surat Keterangan Bebas Pemakaian
Narkoba.(Dilengkapi setelah pelamar dinyatakan diterima).
7. Bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Perwakilan BPK RI, terutama di wilayah
Indonesia Bagian Tengah dan Bagian Timur. (Surat pernyataan bermaterai
dilengkapi setelah pelamar
dinyatakan diterima)

III. PERSYARATAN KHUSUS

1. Persyaratan Akademis :
a. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional
dengan Kategori A, IPK: S1 minimal 2,70 (dua koma tujuh nol);
b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional
dengan Kategori B, IPK: S1 minimal 3,00 (tiga koma nol);
c. Lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional
dengan Kategori A, IPK: S1 minimal 3,00 (tiga koma nol)

2. Berusia maksimum 32 tahun pada tanggal 1 Mei 2007.

IV. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 Desember 2006 s/d 30 Desember 2006 (CAP
POS). Atau selambat lambatnya diterima Panitia pada tanggal 5 januari 2007.

2. Mengisi Formulir Lawaran yang tersedia pada website CPNS BPK RI yaitu:
www.cpnsbpk.go.id

3. Lamaran disampaikan melalui Pos Tercatat, ditujukan kepada:

PANITIA PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PEMERIKSA KELTANGAN REPUBLIK INDONESIA
PO BOX 1401
JKP 10210

4. Panitia hanya menerima lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di
atas dan tidak menerima lamaran dengan format lain.

5. Setiap, Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran.

6. Lamaran harus dilengkapi dengan lampiran:
a. Pas foto terakhir ukuran 4x6 (berwarna) sebanyak 3 lembar: Ditulisi nama
pelamar di bagian belakang foto;
b. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
C. Fotokopi ijazah (Sl) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan
tanda tangan asli) oleh Dekan/Direktur Program.;
d. Fotokopi Akte Kelahiran
e. Fotocopy Sertifikat Regristasi Akuntan bagi Sarjana Akuntansi (AK)
berrigister
7.Lamaran beserta lampiran tersebut pada No.6 disusn rapi sesuai urutan diatas
dalam map dengan warna:
a.Bercorak batik untuk sarjana ekonomi akuntansi
b.Warna coklat untuk sarjana hukum konsentrasi ilmu hukum
c.Warna hijau tua untuk sarjana teknik sipil
d.Warna hijau muda untuk sarjana teknik lingkungan
e.Warna merah tua untuk sarjana pertanian
f.Warna merah muda untuk sarjana ilmu ekonomi studi pembangunan
g.Warna Biru tua untuk sarjana teknik informatika/komputer
h.Wrana Biru muda untuk sarjana Administrasi negara
i.Warna orange untuk sarjana Ilmu komunikasi
j.Warna Kuning untuk sarjana Teknik Pertambangan
k.Warna putih untuk sarjana teknik industri
map dimasukkan dalam amplop ciklat dan diberi kode pada kanan atas amplop
8.Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat tersebut diatas tidak akan diproses
9.Berkas lamaran yang diterima panitia tidak dapat diminta kembali

V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi TAHAP 1 : Tes Potensi Akademik/TPA (nb. mod milis : Jadwal Pelatihan
JKT 7 Jan, YOGYA 6 Jan, SBY 14 Jan 07 lengkap klik gpsjakarta.com ),
TOEFL dan Tes Pengetahuan Bahasa Indonesia (TPBI)
3. Seleksi TAHAP 2 : Psikotes dan Wawancara ( mod. klik
gpsjakarta.com )

VI. LOKASI/ PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
1.Hanya pelamar yang memenuhi seluruh persyaratan yang akan dipanggil untuk
mengikuti seleksi TAHAP 1
2.Pelamar yang berhak mengikuti seleksi TAHAP 1 akan diumumkan melalui website
CPNS BPK-RI, dan surat panggilan mengikuti ujian akan dikirim melalui alamat
surat peserta.
3.Pilihan lokasi ujian adalah sebagai berikut: Banda Aceh, Medan, Pekan Baru,
Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin,
Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, Ambon, manokwari
dan Jayapura.
4.kartu Tanda Ujian harus diambil sendiri oleh peserta ujian di kantor
perwakilan BPK sesuai dengan lokasi ujian dengan menunjukkan Surat Panggilan
beserta kartu identitas diri dengan melengkapi : daftar Riwayat Hidupterkhir,
Surat Pernyataan Bersedia membayar Ganti Rugi bermeterai Rp.6.000,00 sesuai
contoh dalam website CPNS BPK RI
5. Jadwal pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui website
CPNS BPK RI.
6.Apabila peserta belum menerima surat panggilan per pos, maka pengumuman
melalui website CPNS BPK Rl dapat dianggap, sebagai surat panggilan.

VII. LAIN LAIN

1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BPK R1 sama sekali ticlak dipungut
biaya. Agar peserta ticlak melayani tawaran tawaran untuk mempermudah penerimaan
sebagai CPNS BPK RI dan oleh karena itu, BPK RI tidak bertanggung jawab atas
pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum oknum yang mengatas namakan BPK
R1 atau Panitia.
2.Lamaran yang dikirim kepada BPK RI sebelum pengurnuman ini dianggap tidak
berlaku.
3.Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi tetapi
mengundurkan diri dalam jangka waktu 4 (empat) tahun diwajibkan mengganti biaya
yang telah clikeluarkan panitia sebesar Rp 10.000.000,(Sepuluh juta rupiah).
4. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS BPK R1 2006 hanya dapat
dilihat dalam website BPK RI cpns bpk.go.id Para pelamar disarankan untuk terus
memantaunya.
5. Peserta yang dinyatakan lulus menjadi CPNS BPK RI wajib menyerahkan Ijazah
Asli Pendidikan Terakhir untuk disimpan oleh BPK RI selama 4 Tahun.
6. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penyaringan CPNS No.
Telp: (021) 5738810 (hari kerja, 09.00 15.00 WIB) atau via e mail ke
[EMAIL PROTECTED]

Jakarta, 19 Desember 2006
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
SEKRETARIS JENDERAL

ttd

Drs. DHARMA BHAKTI, MA.
NIP. 0600497704
========================================

Pelatihan TPA/TBS/Aptitude CPNS/BUMN TATAP MUKA di JAKARTA (Rutin ada
setiap MINGGU), BANDUNG, YOGYAKARTA, SURABAYA (PERLATIHAN SEHARI)

JAKARTA : Minggu 7 Januari 2007 ( tersedia 35 seat)
Tempat : di Kampus GRAHA CIPETE JAKSEL
Waktu : Pk. 9.00 sd 17.00 wib
Biaya Rp. 175.000 (bisa transfer atau langsung tunai)
Tempat Daftar: GPSJAKARTA CISSY POINT Graha CIPETE Jl. Fatmawati 75
PS Kebayoran Baru Jaksel (Naik Bus dari Blok M Metromini 610 hanya 10
menit turun pasar CIPETE/Gedung Merah)
Form : gpsjakarta.com/formulireguler.doc
Tlp. Gpsjakarta : 021-70118586, 70742586, 7393112 Fax. 021-7393112

YOGYAKARTA : SABTU 6 Januari 07 (tersedia 50 seat)
Tempat : Kampus AA YKPN Balapan Yogya
Waktu : Pk. 08.30 sd 17.00 wib
Biaya Rp. 220.000 (bisa transfer atau langsung tunai)
Tempat Daftar : Ibu Bambang Irawan Sidobali UH 2 No.388 Timoho
(SMU 8/ samping RS Soedirman) Yogya Tlp. 0274-7823456, 584021
Form : gpsjakarta.com/yogyakarta.doc

NB: Pendaftaran dimungkinkan di tempat pelatihan pada hari "H"
apabila tempat masih memungkinkan (apabila masih tersedia seat info
seat 085210623123 ). Tersedia CDR Materi Seleksi Pegawai dan Buku
Prediksi CPNS/BUMN bisa dibeli di tempat pelatihan dengan harga Rp.
60.000

SURABAYA : MINGGU 14 JAN 07 (40 seat, info seat 085210623123)
Tempat : UPT Perpus ITS Sukolilo (belakang Gd.Rektorat)
Waktu : Pk. 08.30 sd 16.30 wib
Biaya Rp. 220.000 (bisa transfer atau langsung tunai)
Tempat Pendaftaran : GPSJAKARTA CISSY POINT Graha CIPETE Jl.
Fatmawati 75 PS Kebayoran Baru Jaksel (Transfer & formulir di fax)
Form : http://www.gpsjakarta.com/surabaya.doc
Tlp. Gpsjakarta : 021-70118586, 70742586, 7393112 Fax. 021-7393112
hotline 085210623123 NB: Pendaftaran dimungkinkan di tempat pelatihan pada hari
"H" apabila tempat masih memungkinkan (apabila masih tersedia). Tersedia CDR
Materi Seleksi Pegawai dan Buku Prediksi
CPNS/BUMN bisa dibeli di tempat pelatihan dengan harga Rp.60.000

==============
TES KEPRIBADIAN/PSIKOTES

JAKARTA : Rabu 3 Januari 2007 (setiap Kamis ada pelaksanaan)
Waktu : Pk. 09.00 s.d 13.00 wib
Tempat : Kampus GPSJAKARTA Graha Cipete Jaksel
Biaya : Rp. 215.000 (analisis biasa) dan Rp. 325.000 (lengkap)
Hubungi 021-70742586, 021-70118586, 085210623123, Fax. 021-7393112
Formulir klik http://www.gpsjakarta.com/formulirperorangan.doc

YOGYAKARTA: MINGGU 7 JANUARI 2007 (tersedia 40 seat)
Waktu : Pk. 08.30 s.d 13.00 wib
Tempat : Kampus AA YKPN Jl. Solo Balapan Yogya
Pendaftaran : Ibu Bambang Irawan (Perwakilan GPS di Yogya) Jl.
Sidobali UH 2 No. 388 Timoho Yogyakarta (samping RS.Soedirman)
Biaya : Rp. 225.000 (analisis biasa) dan Rp. 325.000 (lengkap)
Hubungi 0274-7823456, 0274-584021, 085210623123, Fax. 0274-584021
Formulir klik gpsjakarta.com/formulirperorangan-1.doc
===================

Pelatihan TPA/TBS Jarak Jauh/ Online :

dirancang untuk peserta yang jauh dari Jakarta dan lebih efisien
dengan model pembelajaran jarak jauh. Cara mendaftar:

1. Download formulir http://www.gpsjakarta.com/formulironline.doc
atau http://www.gpsjakarta.com/formulironline.zip
dan penjelasan lengkap Program Aptitude test/ TPA Online klik di
http://www.gpsjakarta.com/prod05.htm
2. Kemudian anda tranfer biayanya ke rekening yang tertera dalam
formulir (boleh dari bank manapun atau pakai
ATM BCA/ Klik BCA).
3. Bukti transfer ditempel di bagian paling bawah formulir yang telah
diisi dengan lengkap dan jelas termasuk kode
pos dan nomor telpon dan email kirim melalui Fax ke 021-7393112.
4.Sehabis kirim fax mohon konfirmasi ke 021-70118586 atau 70742586 apakah
hasilnya cukup jelas atau perlu diulang. Banyak kejadian dimana hasil fax tidak
jelas dan tidak terbaca sama sekali sehingga pengelola TPA/TBS Online tidak bisa
mengirimkan Modul Pelatihan dan nunggu sampai calon peserta complain (nomor
telpon dan email pun tidak terbaca pula).
5.Setelah kami cek biaya telah masuk ke rekening kami maka Modul
dikirim beserta pembahasannya dengan KILAT KHUSUS PT. Pos Indonesia
(sesuai janji pihak Pos Indonesia 2 hari sampai) atau melalui TIKI
bagi yang ada di kota besar dan terlayani TIKI.
6.Semua pembahasan sudah terkirim beserta modul pelatihan dan
disertai fotocopy materi dasar, CDR Materi Tambahan.
7. Peserta diminta mengerjakan soal-soal yang dikirim dan baru
melihat pembahasannya. Apabila masih dianggap kurang cukup maka
ditanyakan lewat email sebagai media komunikasi peserta TPA Online
dengan masa aktif 20 hari sejak diterimanya modul kiriman
(tujuan pembatasan waktu agar peserta giat belajar dan berlatih).
8. Materi pelatihan TPA/TBS Online ini dibuat secara General dan
tidak ada kaitannya dengan seleksi pegawai instansi tertentu,
meskipun demikian banyak peserta TPA/TBS online yang meraih manfaat
misalnya semua materi TPA/TBS Online keluar dalam Seleksi CPTU Bank
Indonesia, PERTAMINA, BUMN lainnya, TOTAL E&P INDONESIE, dan CPNS
2005 yang baru lalu.

NB: Sistem pembelajaran TPA Online memang tidak bisa menyamai
pelatihan onclass (tatap muka) di kelas, karena tergantung niat dan
kesungguhan hati untuk mengalahkan diri sendiri dalam belajar secara
mandiri. Ada satu dua peserta yang komplain masalah keterlambatan
pengiriman karena memang GPSJAKARTA tidak mengantarkan sendiri lewat
kurir namun dengan jasa TIKI dan PT. Pos Indonesia sehingga
keterlambatan terletak pada jasa pengiriman tersebut dan banyak
peserta yang juga tidak mencantumkan kode posnya.
Biaya Rp. 140.000 untuk Jawa dan Sumatera dan Rp. 160.000 untuk luar
Jawa dan Sumatera adalah terhitung murah karena sudah termasuk
Penggandaan Modul, pengiriman Modul, Konsultasi/ tanya jawab materi
lewat email/milis khusus pelatihan online, biaya kirim, dll.
Keterangan lebih detail hubungi Hotline 085210623123, atau 021-
70742586.

PENYELENGGARA PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI CPNS DAN BUMN, BANK
INDONESIA, PASCASARJANA, STAN, STT TELKOM, EKSTENSI FE-UI,BEASISWA
OTO BAPPENAS, SAMPOERNA, DLL DISELENGGARAKAN HANYA SATU KALI
PERTEMUAN SETIAP SABTU/MINGGU PADA SETIAP MINGGUNYA. RIBUAN ALUMNI
KAMI BERHASIL DITERIMA DI BUMN DAN CPNS SEJAK 2001. ALUMNI SAMPAI
OKTOBER 2006 MENCAPAI 13.000 ORANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA.
GPSJAKARTA di CIPETE JAKSEL reguler TIAP SABTU ATAU MINGGU, BANDUNG
Minggu 24 des 06; YOGYA SABTU 6 Jan 07; SURABAYA 14 Jan 07. LEBIH
LENGKAP Hub GPS di 021-70742586, 70118586, 7393112 HOTLINE
085210623123 Fax. 021-7393112 gpsjakarta.com

CPNS Deplu

DEPARTEMEN LUAR NEGERI
REPUBLIK INDONESIA



P E N G U M U M A N

Nomor: 2068/KP/IX/2004/02/19

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN LUAR NEGERI
GOLONGAN III TINGKAT SARJANA
TAHUN ANGGARAN 2004

___________________

Dalam rangka persiapan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2004, Departemen Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Sarjana Warga Negara Indonesia pria dan wanita, sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dididik menjadi Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN)/Diplomat.

Dari calon pegawai yang akan direkrut, beberapa calon akan diambil dari lulusan terbaik dari beberapa universitas negeri di luar Jawa melalui program seleksi khusus.

A. SYARAT UNTUK MELAMAR
1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
2. Berijazah Sarjana, Pasca Sarjana, Doktoral
a. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi)
b. Ilmu Hukum
c. Ilmu Ekonomi (Jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Studi Pembangunan),
d. Sastra/Ilmu Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia, Spanyol dan Sejarah).
e. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta / Luar Negeri dengan persyaratan IPK: S-1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima); S- 2 dan S-3 minimal 3,00 (tiga koma nol nol).


3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulis) dan atau bahasa asing lainnya (Arab, China, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia, Spanyol).
4. Batas usia maksimum :
a. 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2004 untuk tingkat Sarjana.
b. 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2004 untuk tingkat Pasca Sarjana.
c. 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2004 untuk tingkat Doktoral.

5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Anggota Kepolisian Negara maupun sebagai pegawai swasta.
7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
8. Tidak bersuami/beristeri seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa Kewarganegaraan.
9. Sehat jasmani dan rohani.

B. SYARAT PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 September 2004 s/d 26 September 2004 (cap pos)
2. Lamaran dibuat menggunakan formulir rangkap dua, sesuai contoh dalam pengumuman website Deplu.
3. Lamaran disampaikan melalui Pos Tercatat, ditujukan kepada :


KETUA PANITIA PENERIMAAN CPNS DEPLU 2004
TROMOL POS 4642 JAKARTA 10046



4. Panitia Penerimaan hanya menerima lamaran yang disampaikan melalui Tromol Pos tersebut diatas.
5. Lamaran dilengkapi dengan lampiran :
a. Daftar Riwayat Hidup.
b. Satu lembar photocopy ijazah sarjana lengkap (S-1), (S-2), (S-3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (Surat Keterangan Lulus Sarjana dan Ijasah sementara tidak dapat diterima).
c. * Bagi ijazah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dilegalisir Dekan.
* Bagi ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan akreditasi Ditjen Dikti Depdiknas.

d. Photocopy Akte Kelahiran.
e. Surat keterangan kesehatan dokter dan bebas narkoba.
f. Photocopy tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku.
g. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
h. Photocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
i. 3 (tiga) lembar foto ukuran 3 x 4 (berwarna) dan nama pelamar dituliskan di bagian belakang foto.

6. Lamaran beserta lampiran disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map (map kertas jepit berlubang - warna biru untuk S1, warna kuning untuk S2, dan warna merah untuk S3) dan dimasukan kedalam amplop warna coklat.

C. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi dilakukan secara bertahap dengan sistem gugur sebagai berikut :
1. Seleksi Administratif (seleksi syarat melamar dan syarat pendaftaran)
2. Ujian Tulis (masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum) dilakukan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris : tanggal 7 Oktober 2004.
3. Ujian Kemampuan/Penguasaan Bahasa Asing (bagi yang telah lulus Ujian Tulis) diadakan dalam Bahasa Arab, China, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia dan Spanyol. (Peserta cukup memilih salah satu bahasa yang paling dikuasainya dari bahasa-bahasa tersebut) : akhir Oktober/awal Nopember 2004
4. Test Psikologi dan Wawancara: minggu kedua Nopember 2004.
5. Keputusan Panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

D. LOKASI PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
1. Hanya peserta yang memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar dan persyaratan perdaftaran akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.
2. Nama calon yang memenuhi ketentuan tersebut pada butir D.1 akan diumumkan melalui website Deplu http://www.deplu.go.id atau website Biro Kepegawaian Deplu http://commercec.cbn.net.id/kepegdeplu
3. Tanda peserta seleksi diambil sendiri oleh calon peserta di Gedung Caraka Loka (Pusdiklat Deplu), Jalan Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan, dengan menunjukkan kartu identitas.
4. Jadwal pengambilan Tanda Peserta dan lokasi ujian tulis akan diumumkan kemudian melalui website Deplu dan Biro Kepegawaian.
5. Ujian tertulis akan dilaksanakan di PRJ-Kemayoran, Hall B, Jakarta, pada tanggal 7 Oktober 2004. Sedangkan tempat dan waktu untuk ujian lainnya akan diumumkan lebih lanjut melalui website Deplu.
6. Peserta yang lulus pada setiap tahapan Ujian Tulis, Tes Kemampuan Bahasa Asing, Tes Psikologi dan Wawancara akan diumumkan melalui website Deplu dan Biro Kepegawaian.

E. LAIN-LAIN
1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Deplu tidak dipungut biaya.
2. Lamaran yang pernah dikirim kepada Deplu sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku (lihat butir B).
3. Bagi mereka yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah).
4. Hal-hal yang berkaitan dengan seleksi CPNS Deplu 2004 dapat dilihat dalam website Deplu http://www.deplu.go.id atau Biro Kepegawaian Deplu http://commercec.cbn.net.id/kepegdeplu dan para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
5. Para peserta ujian, diwajibkan membawa papan/alas untuk menulis pada saat ujian tulis.



Jakarta, 9 September 2004
A.N. MENTERI LUAR NEGERI RI
SEKRETARIS JENDERAL,

ttd.

SUDJADNAN PARNOHADININGRAT

Soal CPNS di Pemkot Cirebon

Sebanyak 16 Kursi CPNS di Pemkot Cirebon Hangus
CIREBON, (PR).-
Sebanyak 16 kursi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Cirebon hangus begitu saja, karena sepinya peminat atau pelamar. Ke-16 kursi yang lepas itu adalah 11 formasi untuk tenaga honorer dan lima untuk umum.

Ke-11 formasi untuk tenaga honorer itu, terdiri dari empat formasi untuk guru SD (D-II PGSD), enam untuk guru SMP berlatar belakang pendidikan S-1 (PPKN, seni musik, tata busana dan penjaskes) dan satu untuk guru SMK (PPKN). Sedangkan lima formasi dari umum, empat di antaranya untuk posisi guru SMP (seni musik, seni tari, tata busana, dan sosiologi), serta satu untuk D-III teknik elektromedik.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cirebon Drs. H. Ageung Sumaryana, mengakui hangusnya 16 formasi tersebut. Namun, pihaknya tidak bisa memaksakan untuk mengisi kekosongan tersebut, karena tidak ada formasi serumpun yang bisa mengisi kekosongan itu. "Untuk mengisi kekosongan formasi yang mencapai 60 kursi pada pengumuman awal, kami melakukan perubahan formasi dengan mengisi yang kosong dengan formasi yang serumpun, misalnya guru untuk mengganti guru atau dokter untuk dokter," ujar Ageung Rabu (22/3).

Dikatakan Ageung, angka 16 itu pun sudah merupakan hasil perubahan dari formasi awal. Kalau berdasarkan formasi awal, sesungguhnya kekosongan itu bukan hanya 16 tapi mencapai 60 formasi. "Makanya kemudian dilakukan perubahan formasi yang disetujui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, untuk mengganti formasi yang kosong tersebut dengan yang serumpun," katanya.

Dipanggil dewan

Upaya perubahan formasi yang dilakukan di antaranya, formasi untuk perawat ahli dari Sarjana Keperawatan untuk tenaga honorer sebenarnya 7 orang dan umum 3 orang. Namun, karena dari tenaga honorer ternyata yang memiliki kualifikasi Sarjana Keperawatan tidak ada yang mendaftar, akhirnya 10 formasi tersebut diambil semua dari jalur umum. "Dari pada kosong sama sekali kan sayang. Lebih baik diganti dari formasi serumpun kan," katanya.

Kasus lainnya, formasi untuk SPG SD dari jalur honorer sebenarnya hanya 35, namun yang lulus 48 orang. Selisih itu di antaranya berasal dari tambahan formasi guru D-II PGSD yang formasi 49 orang, namun yang mendaftar dan lulus hanya 38 orang.

Sementara itu, Rabu kemarin DPRD Kota Cirebon memanggil Ketua Panitia Penerimaan CPNS yang juga Sekda Kota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, M.M. dan Kepala BKD Ageung Sumaryana, untuk dimintai klarifikasinya menyangkut penerimaan CPNS yang banyak mengundang aksi protes.

Wakil Ketua Edi Suripno didampingi sejumlah anggota Komisi A dan D mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan penerimaan CPNS itu. Di antara yang ditanyakan adalah alasan pemkot tidak mengumumkan kembali kepada publik melalui media massa, perubahan formasi yang sudah mendapat persetujuan Menpan.

Pada kesempatan itu, Ano menyatakan, pemkot tidak memiliki cukup waktu untuk menyiarkan atau mengumumkan di media massa karena waktu yang sempit, sementara persiapan penerimaan CPNS begitu terbatas. "Persoalan yang muncul bukan hanya di Kota Cirebon, namun semua wilayah mengalami masalah. Apalagi PP 48 tahun 2005 yang dijadikan rujukan juga tidak memiliki payung hukum di atasnya. Akhirnya berbagai permasalahan pun bermunculan," katanya usai dipanggil dewan. (A-92)***