JOB CAREER VACANCY (LOWONGAN KERJA & KARIR)


May 12, 2007

CPNS NTT

233 CPNS di NTT Lulus Bermasalah


Kupang, Kompas

Sebanyak 233 dari 1.400 calon pegawai negeri sipil (CPNS) pengikut ujian periode Oktober 1998 lalu di Nusa Tenggara Timur (NTT), dikategorikan lulus bermasalah. Ada di antaranya yang tidak mengikuti ujian, tetapi dinyatakan lulus. Ada pula yang dinyatakan lulus karena campur tangan pejabat.

"Kami minta pihak eksekutif segera menuntaskan masalah ini. Panitia atau pejabat yang terlibat, agar diberi sanksi," ungkap Ketua Komisi A DPRD I NTT, Daniel Adoe, di Kupang, Jumat (29/1). Masalah itu sebelumnya dibicarakan dalam rapat gabungan komisi DPRD I NTT, Kamis. Gubernur NTT Piet Tallo hadir dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD, SP Soliwoa.

Kasus ini menjadi sorotan tajam masyarakat karena diduga sebagai pemicu kerusuhan di Waikabubak, Sumba Barat, tiga bulan lalu yang merenggut 27 korban jiwa.

Menyusul kerusuhan itu, Gubernur NTT kemudian memerintahkan Irwilprop JB Suparanto dan jajarannya meneliti proses penerimaan CPNS yang diduga bermasalah itu. Hasilnya memperlihatkan, hanya 1.167 yang dinyatakan lulus murni. Sementara 233 CPNS lainnya juga dinyatakan lulus tetapi bermasalah. Mereka antara lain berijazah palsu, menggunakan ijazah lokal, tidak lulus penelitian khusus, penggantian lembaran kertas ujian, dan ada pula yang tidak ikut testing.

Anggota DPRD I NTT lainnya, Raymundus Lema dan Pius Rengka minta agar pejabat yang terbukti terlibat dipecat. "Kasus CPNS merupakan salah satu pemicu kerusuhan Sumba Barat," tambah Raymundus Lema. (ans)