JOB CAREER VACANCY (LOWONGAN KERJA & KARIR)


May 27, 2007

Penerimaan CPNS Umum 2007 60 Orang Per Daerah

BKD Sulsel Masih Menyusun Formasi

Bandung, Tribun — Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menneg PAN) Taufik Effendi mengungkapkan, calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2007 untuk pelamar umum difokuskan bagi calon pegawai pelayanan dasar seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga teknis.
Taufik mengatakan hal tersebut saat bertemu dengan pejabat badan kepegawain daerah (BKD) provinsi di sela- sela acara ASEAN Conference of Civil Service Matter (ACCSM) di Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/5).

Menurutnya, dengan jatah 30 ribu pelamar umum untuk daerah, maka setiap kabupaten/kota hanya mendapat jatah sekitar 50-60 CPNS.
“Saya sudah meminta BKD untuk mengusulkan tenaga teknis sesuai dengan perkiraan kuota,” kata menneg PAN.
Formasi CPNS 2007 sebanyak 300 ribu orang dengan rincian 245 ribu tenaga honorer dan 55 ribu pelamar umum.
Dari jumlah teresebut, tenaga honorer berjumlah 22 ribu sedangkan honorer pusat 25 ribu. Sedangkan untuk pelamar umum, 30 ribu untuk daerah dan 25 ribu untuk instansi pusat.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Perencanaan BKD Sulsel Andi Besse Wana kepada Tribun mengatakan, pihaknya sementara memperoses surat dari kementerian PAN yang meminta usulan formasi CPNS umum tahun 2007.
“Kita baru menerima suratnya pada tanggal 1 Mei lalu sehingga kami belum bisa menentukan jumlah formasi yang akan kita ajukan,” kata Wana yang berada di kantor BKN lantai 14 di Jakarta, kemarin petang.
Wana menambahkan, pihaknya masih sementara fokus mengurusi masalah CPNS honorer tahun 2006.
Wana sebelumnya mendampingi Kepala BKD Sulsel Tandeng Tugi menyerahkan daftar nominatif tenaga honorer yang mengisi formasi tahun 2006.
Sebanyak 878 CPNS honorer akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2007 ini. “Nama- nama yang terdaftar kita serahkan secara resmi di acara konferensi kepegawaian ASEAN di Bandung,” tambahnya.

Honorer
Terkait tenaga honorer, menpan kembali menjelaskan pemerintah pusat tetap berkomitmen untuk mengangkat tenaga honorer menjadi CPNS sampai dengan tahun 2009. Seperti halnya pelamar umum, tenaga honorer diprioritaskan untuk tenaga pelayanan dasar.
Dari data base tenaga honorer yang mencapai 920.702 orang, yang sudah ditetapkan sebanyak 150.906 atau 16 persen.
Menpan juga menyatakan sudah melimpahkan kewenangan perekrutan CPNS kepada Kepala BKN.

Bulan Juli

Sebelumnya, Deputi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Tasdik Kinanto di Cirebon, Jabar, mengungkapkan,
seleksi penerimaan CPNS umum akan berlangsung sekitar bulan Juli atau paling lambat Agustus mendatang.
Tasdik meminta BKD untuk membahas secara matang formasi yang diajukan itu karena untuk penerimaan tahun 2007 ini tidak ada lagi kesempatan revisi.
“Sekarang tidak akan melayani revisi formasi. Jika formasi yang dimunculkan tidak tercapai, maka diajukan untuk tahun depan,” katanya.
Dia juga menegaskan, pemerintah pusat tidak menganggarkan dana APBN untuk proses rekrutmen CPNS tahun 2007. Biaya perekrutan harus ditanggulangi oleh APBD masing-masing daerah.

cpns 2007
* Total CPNS umum untuk daerah: 30 ribu orang
* Setiap kabupaten/kota mendapat jatah 50-60 ribu orang
* Hanya untuk tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga teknis
* Tidak ada lagi formasi tenaga administrasi karena dianggap lebih dari cukup
* Seleksi pada Juli-Agustus (opi)